Strategi Usaha Produksi Air Legen Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Paciran Lamongan

Suyitno Suyitno, Nurul Mustafa

Abstract


Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kesejahteraan masyarakat desa paciran dengan menjalankan usaha produksi air legen atau air lontar. Metode: Penelitian ini di rancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sampel diambil secara sebagian yaitu 15 pelaku usaha produksi air legen/lontar di desa paciran. Data dikumpulkan melalui metode wawancara dan observasi secara langsung kepada para pelaku usaha produksi air legen tersebut. Hasil: Hasil Penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah Sebagian besar pelaku usaha tidak mempunyai strategi khusus yang dilakukan untuk produksi air legen, hanya saja informan mengandalkan alam atau musim, kalau pada musim kemarau biasanya menghasilkan bnyak bahan baku atau air legen yg di hasilkan melimpah dan produksi semakin banyak. Sedangkan saat musim penghujan biasanya menghasilkan sedikit air legen dan produksi akan sedikit, tetapi saat itu pula banyak waktu informan untuk bertani dan berternak untuk menambah pemasukan penghasilan.
 
Kata Kunci: Strategi Usaha Produksi, Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Azhari, R. (2017). Strategi rasional eksistensi pedagang tradisional (Studi kasus pada pedagang jumbrek dan dawet siwalan di desa paciran kecamatan paciran kabupaten lamongan). Skripsi.Prodi

Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran Lamongan.

Bahaddur, M. (2012).Partisipasi orang tua siswa dalam pembelajaran di SD Islam Terpadu Salman Al-Farisi Yogyakarta. Bab 3 Metode Penelitian kualitatif.Skripsi. Prodi Manajemen Pendidikan Administrasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta.

Hajar, S. (2015). Analisis pendaptan usaha home industry kerupuk di kecamatan samatiga kabupaten Aceh Barat.Skripsi. Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar Meulaboh

Aceh Barat.

Napitupulu, D, A. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi gula dalan negri dan proyeksi produksi dan konsumsi gula di Indonesia. Skripsi, Fakultas ekonomi universitas atma jaya Yogyakarta.

Yogyakarta.

Rusmiati. Bachri dan Rismawati. (2011). Analisis usaha pembuatan gula merah di Kecamatan Sukamaju Kabupaten luwu Utara. Jurnal. Equilibrium, Volume 1 Nomer 1 Tahun 2011:69-71.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Paciran. (2017). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. STIEM Paciran.Lamongan.

Tulusan, F dan Fonda, V. (2014). peningkatan pendapatan masyarakat melalui program pemberdayaan didesa lolah II kecamatan tomboriri kabupaten minahasa.Jurnal. Lppm Bidang Ekososbudkum, Volume 1 nomer 1 tahun 2014:93-100.

Zulkifli, (2012). Analisis pendapatan dan nilai tambah pada agroindustri keripik ubi di kecamatan tanah luas kabupaten Aceh utara. Skripsi. Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh

Kabupaten Aceh Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.