Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Studio Photo Damar Blimbing Paciran Lamongan

Penulis

  • Yulie Wahyuningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia
  • Sulistiani Sulistiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonimi Muhammadiyah Paciran Lamongan, Indonesia

Abstrak

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada  Studio Photo Damar Blimbing Paciran Lamongan. Metode: Jenis  penelitan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Hasil: Hasil Penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung adalah sebesar 10.192 sedangkan nilai F tabelnya adalah sebesar 3.09 (df1 = 3-1 = 2 dan df 2 = 100-5-1 = 94). Selain itu nilai signifikansinya adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf signifikansi (α) 0.05. karena nilai Fhitung > Ftabel (10.192 > 3.09) dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf signifikansi (α) 0.05 (0.000 < 0.05) maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis keenam diterima. Artinya keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik, dan empati berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen

Referensi

Kotler Philip. (2000). Manajemen Pemasaran Milenium. Edisi BahasaIndonesia, Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit PT. Prenhalindo.

Kotler, P., Kevin, Lane, Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlanga.

Kotler, P., Gery, A. (2001). Dasar-dasar Manajemen. Jilid Pertama. Jakarta: PT. Indeks,Gramedia

Moenir. (2000). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

R. Tery, George. (2003). Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Schermerhorn, Jhon, R. (2003). Manajemen. Buku Pertama. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2005). Stastika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkat Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineta Cipta.

Swastha, Basu., DH. (2004). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarat: Penerbit Andi Offset.

Wijayanto, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Zaithaml, V.A., M.J. Bitner. (1996). Services Marketing. New York: The McGraw-Hill Companse.

Sigit, Soehardi. (1999). Pengantar Metologi Penelitian Sosial-Bisnis-Manajemen. Edisi Pertama. Falkutas Ekonomi Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa.

Diterbitkan

2021-12-02

Citation Check