Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Swalayan Soponyono Sugihan Solokuro Lamongan

Penulis

  • Ardie Kusumawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
  • Febrianti Nafika Setyawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Lamongan, Indonesia

Abstrak

Pendahuluan: Penjualan dalam kegiatan usaha menjadi tolak ukur bagi penjual atas barang yang di pejual belikan kepada masyarakat seiring dengan tingginya kebutuhan konsumen. Diduga bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada toko Soponyono Sugihan Solokuro Lamongan. Bauran pemasaran merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak bauran pemasaran dapat berpengaruh dalam kepuasan pelanggan Perum Perikanan merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perikanan dagang dan jasa. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif presentase dengan menitikberatkan pada pengujian hipotesis  dalam menganalisis kesimpulan. Hasil: Berdasarkan pengujian hipotesis adalah nilai t hitung 5,758 > t tabel 3,454 sehingga
terdapat prngaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada toko swalayan soponyono sugihan solokuro lamongan. Dari hasil uji F pada penelitian ini didapatkan nilai signifikan (P value) sebesar 0,000<0,05. Atas dasar perbandingan
tersebut, maka variabel bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan


Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Referensi

Arikunto, S, (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Trineka Cipta

Bitner M J, Zeithmal, V.A. (2003). Service Marketing (3rded). New Delhi: McGraw

Buchari, Alma. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV.Alfabeta

Handi, Irawan. (2004). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Cetakan Kelima. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Husein Umar. (1999). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Husein Umar. (2005). Riset Pemasaran dan Perilkau Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, P. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran-Principles Of Marketing. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P. (2000), Marketing Management. Edisi Milenium, Prentice Hall: Inc Jersey.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (1989). Metode Penelitian Survey, Jakarta: LP3ES

Sofyan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Soeprihanto, J. (2010). Pengantar bisnis (Dasar–Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Kelima, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis, Edisi Pertama, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandi. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Andi

Diterbitkan

2021-12-02

Citation Check