Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Penyebaran Covid-19

Fara Nurdiana, Nuryati Nuryati, Nahardian Vica R

Abstract


            Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MPERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) (Guan, dkk 2020). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19 (WHO, 2020). Sampai saat ini laju penyebaran dan peningkat jumlah pasien yang terinfeksi virus Covid-19 masih meningkat. Upaya pemerintah dalam percepatan penanganan Covid19 terus dilakukan diberbagai aspek. Di bidang pendidikan , pemerintah menerapkan pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau program belajar dirumah (Kemendikbud, 2020) disemua jenjang pendidikan mulai dari Jenjang PAUD hingga jenjang Perguruan Tinggi. Dibidang sosial masyarakat, pemerintah gencar mencanangkan konsep mitigasi komunitas, berupa pengurangan frekuensi pertemuan besar, pembatasan jarak antar orang difasilitas umum, hingga penerapan konsep aktivitas yang lebih baik dilaksanakan dirumah (Yunus, dkk 2020). Di bidang kesehatan pemerintah gencar dan tidak pernah berhenti untuk melakukan edukasi, himbauan, dan penanganan kepada masyarakat mengenai pencegahan COVID-19. Di bidang agamapun, melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memberikan fatwa untuk pencegahan Covid-19 yaitu pelaksanaan ibadah di masa wabah pandemi COVID-19 (MUI, 2020). 


References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Pedoman Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di RT/RW/Desa

Zuliansyah,yoyon 2020 EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 PADA WARGA DESA HAJIMENA (PRAKTEK KERJA PENGABDIAN MASYARAKAT) Bandar lampung

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.