Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Pendukung Pembelajaran Online

Muhamad Ganda Saputra, Ari Kusdiana

Abstract


Pada masa pandemi covid 19, pembelajaran di kelas diubah menjadi pembelajaran secara daring. Para guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara online untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Pembelajaran daring (pembelajaran jarak jauh) yang saat ini dijalankan oleh SMK Muhammadiyah 1 Lamongan hanya sebatas guru memberikan penugasan ke siswa melalui whatsapp grup, siswa melakukan pengumpulan tugas melalui grup tersebut dan evaluasi akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya.

Model pembelajaran jarak jauh tersebut dapat merugikan siswa karena jarang mendapat umpan balik langsung dari guru terkait materi dan penugasan yang diberikan. Lambatnya evaluasi dan umpan dari guru disebabkan karena guru tidak langsung melakukan koreksi terhadap tugas yang dikumpulkan oleh siswa. Artinya, pengecekan tugas tidak dilakukan secara intensif. Selain itu, siswa tidak dapat mengetahui secara


langsung hasil koreksi dari tugas yang telah dikerjakan. Akibatnya, siswa tidak mengetahui apakah tugas yang dikerjakan sudah tepat atau belum. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dilakukan pengabdian kepada masyarakat di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan guna melakukan pendampingan terhadap guru – guru dalam menggunakan LMS.


References


C. P. K. Pekalongan, “Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan,†2005, p. 10.

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

R. Yunis and K. Telaumbanua, “Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara,†JNTETI, vol. 6, no. 1, pp. 32–36, 2017.

K. Hakobyan, E. Golubovskaya, N. Mekeko, and M. Muzyka, “Learning Management System for Blended Learning in Teacher Education Through Teaching Staff and Students Perceptions,†Aust. J. Teach Educ., vol. 43, no. 3, pp. 21–34, 2018.

R. R. Sani, D. W. Utomo, and D. Kurniawan, “Penerapan Edmodo bagi Guru dan Murid SMK Karya Bhakti Brebes sebagai Media Belajar Tambahan,†Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, p. 34, 2020.

E. Istikhoirini, “STUDI LITERATUR : EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DALAM ERA MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI,†Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 11–18, 2021.

D. W. Utomo, and D. Kurniawan, R. R. Sani, Y. P. Astuti “Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Pendukung Pembelajaran Online†Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, p. 1-6, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.