Edukasi Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Pembagian Masker dan Hand Sanitizer

Nuriyati Nuriyati, Nahardian Vica Rahmawati

Abstract


Kasus Covid-19 di Jawa Timur menunjukkan peningkatan jumlah yang cukup signifikan dalam satu bulan terakhir. Hal ini dikarenakan Jatim telah menjadi pusat aktivitas dan mobilitas masyarakat yang sangat tinggi. Selain itu penyebaran kasus telah menggambarkan adanya sub cluster dan transmisi lokal. Jumlah kasus Covid-19 di Jawa Timur per tanggal 23 April 2020 adalah sebanyak 2.678 kasus dengan lebih dr 300 kasus kematian. Melihat kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan, pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Wilayah Provinsi Jawa Timur dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, termasuk Kabupaten Lamongan yang memiliki kasus Covid-19 paling tinggi dengan jumlah kasus terkonfirmasi positif sebesar 180 kasus dengan lebih dari 50 kematian per tanggal 23 April 2020.

Desa Keduwul merupakan salah satu kelurahan binaan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang ada di Kota Lamongan kemudian kelurahan ini berada di wilayah Kecamatan Lamongan Timur. Desa Keduwul termasuk dalam daerah yang cukup padat masyarakatnya serta meliliki latar belakang penduduk yang bervariasi. Berdasarkan data yang diperoleh, Desa Keduwul merupakan kelurahan dengan kasus Covid-19 cukup tinggi yaitu sebanyak 5 kasus per tanggal 23 April 2020. Permasalahan di masyarakat antara lain masih banyak yang belum paham pencegahan penularan covid-19 ini diantaranya pentingnya menggunakan masker ketika keluar rumah, pentingnya personal hygiene, cuci tangan pakai sabun, dan pyshical distancing. Kebiasaan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat bukan hal mudah, membutuhkan pemahaman dan motivasi dari individu sehingga setiap individu lebih disiplin dalam menerapkannya.


References


Adityo Susilo, C. Martin Rumende, Ceva W Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, Erni J Nelwan, Lie Khie Chen, Alvina Widhani, Edwin Wijaya , Bramantya Wicaksana, Maradewi Maksum, Firda Annisa , Chyntia OM Jasirwan, Evy Yunihastuti. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. 2020. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol 7. No. 1 Maret 2020

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Data Sebaran Virus Corona di Indonesia Update 23 April 2020. https://www.covid19.go.id/

Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19 Nur Rohim Yunus, Annissa Rezki. Jurnal Sosial dan Budaya. Vol. 7 No. 3 (2020)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Data Sebaran Virus Corona di Provinsi Sumatera Barat Update 23 April 2020.

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

https://corona.Jatimprov.go.id/details/peta_covid19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Data Sebaran Virus Corona di Kota Lamongan Update 23 April 2020. http://corona.Lamongan.go.id/

Halajur, Untung. 2018. Promosi Kesehatan di Tempat Kerja. Jakarta : Wineka Media.

Sucika Armiani, Siti Rabiatul Fajri, Akhmad Sukri, Baiq Yulia Pidiawati. Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Undikma Vol. 1, No.1 (2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.