Penyuluhan Penggunaan Obat yang benar di desa Karangsambigalih

Nuriyati Nuriyati, Nahardian Vica R., fara nurdiana

Abstract


Obat pada dasarnya merupakan bahan yang hanya dengan takaran tertentu dan dengan penggunaan yang tepat dapat dimanfaatkan untuk mendiagnosa, mencegah penyakit, menyembuhkan atau memelihara kesehatan (Depkes RI, 2008). Obat adalah racun yang jika tidak digunakan sebagaimana mestinya dapat membahayakan penggunanya, tetapi jika obat digunakan dengan tepat dan benar maka diharapkan efek positifnya akan maksimal dan efek negatifnya menjadi seminimal mungkin (ISFI, 2008). Oleh karena itu sebelum menggunakan obat, harus diketahui sifat dan cara pemakaian obat agar penggunaannya tepat dan aman (Depkes RI, 2008). Obat-obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek dan toko obat dapat mendorong untuk pengobatan sendiri. Semakin banyaknya obat yang beredar di pasaran memberikan alternatif pilihan yang luar biasa banyaknya bagi masyarakat yang kadangkadang pemilihannya bukan didasarkan pada pertimbangan ilmiah , tetapi hanya pertimbangan kebiasaan atau saran dari kerabat. Hal ini membahayakan bagi masyarakat, karena penggunaan suatu jenis obat selalu diikuti dengan adanya efek samping yang terkadang akibat lebih jauhnya tidak terpikirkan oleh penggunanya. Terlebih fanatisme terhadap suatu merk banyak terjadi di masyarakat. Di kalangan masyarakat juga telah lama beredar anggapan bahwa obat yang manjur adalah obat dengan nama dagang dengan harga yang mahal (Anonim, 2002).


References


Anief, M., 1991, Apa Yang Perlu Diketahui Tentang Obat 3. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta

Saputra, M. G., Nurdiana, F., Kes, N. M., & Al Mabruri, M. F. (2020). HUBUNGAN PERAN GANDA DAN STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT WANITA DI PELAYANAN RUMAH SAKIT. Journal Of Health Care, 1(2).

Ummah, F., Kusdiyana, A., & Saputra, M. G. (2021). PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN BERBASIS WEBSITE. Jurnal Abdimasmuhla, 2(1).

Batubara, P.L. 2008. Farmakologi Dasar edisi II, Jakarta : Lembaga Studi dan Konsultasi Farmakologi

Depkes RI. 2008. Materi Pelatihan Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Memilih Obat Bagi Tenaga Kesehatan. Jakarta : Depkes RI

Depkes RI. 2008. Penggolongan Obat di Indonesia.Jakarta : Depkes RI

PP IAI. 2014. Pedoman Pelaksanaan Gerakan Keluarga Sadar Obat. Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.