Sekolah Wirausaha Keterampilan Penjualan Digital dan Pemberdayaan Ekonomi Perempuanpada UMKM Planet Green Lamongan
Abstract
Peran wanita dalam keluarga tentu sangat penting, selain sebagai istri dan ibu, juga
tak sedikit yang berperan dalam membantu perekonomian keluarga. Adanya wanita karir
dalam keluarga tentunya dapat membantu keuangan keluarga, terutama pada masa
pandemi Covid-19 yang mayoritas keluarga mengalami penurunan finansial. Karir pilihan
banyak perempuan, terutama seorang ibu adalah sebagai wirausaha. Banyak perempuan
yang menjalankan usaha dari rumah, dari usaha sederhana di depan rumah sampai usaha
dalam skala nasional. Era 4.0 yang menuntut semua go digital mendorong sektor usaha
untuk tumbuh dan berkembang. Melalui digitalisasi, berbagai jenis usaha akan mampu
menjangkau konsumen lebih besar dibandingkan dengan dilakukan secara offline. Namun,
ternyata keterampilan dalam menggunakan media online tidak dimiliki oleh semua
wirausaha, terutama wirausaha perempuan (womenpreneur). Terdapat kesenjangan digital
antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.
Perlu adanya peningkatan keterampilan digital bagi para womenpreneur. Salah satu
organisasi perempuan Muslim terbesar di Indonesia adalah UMKM Planet Green, yang
memiliki kontribusi besar dalam pemberdayaan perempuan Muslim di Indonesia. Melalui
Sekolah Wirausaha UMKM Planet Green, para womenpreneur akan mendapatkan pelatihan
wirausaha dari para pakar untuk meningkatkan keterampilan digital, digital marketing,
pencatatan keuangan, dan strategi meningkatkan usaha. Mitra sasaran dalam program ini
adalah womenpreneur yang tergabung dalam anggota UMKM Planet Green. Para anggota
dilatih sehingga bisa menguasai teknik pemasaran secara online dan menguasai
platformplatform yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jaringan usaha yang mereka
miliki. Hasil posttest menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan
keterampilan berwirausaha pada para peserta pelatihan.
References
Hasibuan, L. (2022). UMKM RI dikelola perempuan tapi ini masalahnya. Retrieved
from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/
Beelwal, S. (2022). Characteristics, Motivations, And Challenges Of Women
Entrepreneurs In Oman’s Al-Dhahira Region. https://www.researchgate.net/
. Agussani. (2020). Are Women The Dominant Entrepreneurs In Indonesia? The
International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5936-5947.
. Sihotang, J., Puspokusumo, R. W., Sun, Y., & Munandar, D. (2020). Core
competencies of women entrepreneur in building superior online business
performance in Indonesia. Management Science Letters, 1607–1612
. Paoloni, P., Secundo, G., Ndou, V., & Modaffari, G. (2018). Women
Entrepreneurship and Digital Technologies: Towards a Research Agenda. 4th
IPAZIA Workshop on Gender Issues (pp. 181- 194). Italy: Springer .
. Oggero, N., Rossi, M. C., & Ughetto, E. (2019). Entrepreneurial Spirits in Women
and Men. The Role of Financial Literacy and Digital Skills. . Working Paper 197/19
Center for Research on Pensions and Welfare Policies, 1-34.
. Isyfi’afiani. (2018). Advancing Women’s Digital Skills and Economic Empowerment
through Girls in Tech Indonesia: A Case Study. Salasika Indonesian Journal of
Gender, Women, Child, and Social Inclusion's Studies, 21-32.
. Kominfo. (2020, November). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Retrieved
from https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-
Digital- Indonesia2020.pdf
.Katadata. (2022, Februari 15). Databoks. Retrieved from
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-
indonesiatertinggi- di-dunia
. Dewi, A. S. (2020). Investigating the Impact of Instagram on Women
Entrepreneurs’ Empowerment. Annual International Conference on Social Sciences
and Humanities (AICOSH 2020) (pp. 56-61). Atlantis Press.