Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Menarche Dan Perilaku Menstrual Hygiene Pada Remaja Putri Kelas VII Di SMPN 31 Kota Tangerang

Yuni Susilowati, Yopi Silviyanti, Lastri Mei Winarni

Abstract


Menarche peristiwa menstruasi pertama kali akan dialami oleh remaja putri. Berdasarkan dari studi pendahuluan 20 remaja putri, sebanyak (15%) pengetahuan baik, sebanyak (35%) pengetahuan cukup dan sebanyak (50%) pengetahuan kurang. Sedangkan (56%) perilaku menstrual hygiene buruk. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche dan perilaku menstrual hygiene pada remaja putri kelas VII di SMPN 31 Kota Tangerang. Metode Penelitian Ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test, menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) pada variabel pengetahuan kelas eksperimen dan perilaku kelas eksperimen = 0.000, sedangkan pada variabel pengetahuan kelas kontrol = 0.000 dan perilaku kelas kontrol = 0.001 karena nilai sig (<0,05), maka disimpulkan bahwa “Ha diterima†artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche dan perilaku menstrual hygiene kelas VII di SMPN 31 Kota Tangerang. Saran Pemberian informasi mengenai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang menarche dan perilaku menstrual hygiene pada remaja putri kelas VII di SMPN 31 Kota Tangerang untuk menambah wawasan bagi remaja putri sehingga dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.   

Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan Tentang Menarche, Perilaku Menstrual Hygiene


Full Text:

PDF

References


Anand, E., Singh dan Unisa, S. (2015). Menstrual Hygiene Pratices and its association with reproductive tract infections and abnormal vaginal discharge in india. Sexual & Reproductive Healthcare, 1-6.

Ayu Putu. (2013). Hubungan Antara Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Kesiapan Remaja Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas 7 Di Smp Negeri Bergas.

Badan Pusat Stastik. (2013). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012 Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Badan Pusat Statistik Nasional.

Fajri dan Khairani. (2010). Hubungan Antara Komunikasi Ibu Anak Dengan Kesiapan Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) Pada Siswi SMP Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Psikologi Undip. Vol 10 (2). 133-143.

Farizal, J., dan Dewa, E.A. (2017). Identifikasi Candida Albica Pada Saliva Wanita. Jurnal Teknologi.

Kharisma dan Sarwinanti. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Personal Hygiene Genitalia Terhadap Perilaku Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi Kelas VII SMP Negeri 3 Tempel Sleman.

Mukhoirotin dan Purniawati Nurul Qomari. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Dalam Menghadapi Menarche Di Min Rejoso Peterongan Jombang. Jurnal Edunursing, Vol 1, No 1.

Nirwana, AB. (2011). Psikologi Kesehatan Wanita (remaja, menstruasi, menikah, hamil, nifas dan menyusui). Yogyakarta : Nuha Medika. VII + 126 hlm




DOI: https://doi.org/10.38040/js.v12i3.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Surya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Journal Surya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017. Journal Surya p-ISSN 1979-9128 ISSN Online 2715-064X

Indexing and Database