Identifikasi Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Pasien

Ari Kusdiana, Nahardian Vica R, Faizatul Ummah, Riqqot Wasillah Ishmat

Abstract


Pembangunan nasional dibidang kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta mutu kehidupan melalui pemerataan pelayanan kesehatan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Survey awal dilakukan pada pasien yang berobat dengan 10 responden didapatkan untuk mutu pelayanan didapatkan 6 responden mengatakan mutu pelayanan kurang dan 4 responden mengatakan mutu pelayanan baik. Sedangkan untuk kepuasan pasien didapatkan 3 responden dengan tingkat kepuasan tinggi dan 7 responden dengan tingkat kepuasan rendah. Masalah penelitian adalah banyaknya pasien yang belum puas dengan pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran mutu pelayanan perawatan dan tingkat kepuasan pasien.

Desain penelitian ini adalah Deskriptif, sebagai populasi adalah seluruh pasien yang berobat. Pengambilan sampel dengan tehnik non probability sampling yakni Consecutive Sampling dengan sampel yang diambil 46 responden. Data diambil menggunakan kuesioner, data terkumpul dilakukan penyuntingan data dan koding selanjutnya dikonfirmasikan dalam bentuk prosentase dan narasi.

Hasil penelitian menunjukkan 87,0% atau hampir seluruh responden puas dengan pelayanan petugas, sarana prasarana serta prosedur dan 73,9% atau lebih dari sebagian responden puas dengan ketanggapan, ketepatan waktu, prosedur, sarana prasarana serta jumlah petugas.

Dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh responden puas dengan pelayanan petugas, sarana  prasarana serta prosedur dan lebih dari sebagian responden puas dengan ketanggapan, ketepatan waktu, prosedur, sarana prasarana serta jumlah petugas. Diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan yang optimal.

 

Kata kunci : Mutu Pelayanan, Puskesmas, Kepuasan

Full Text:

FULL TEXT

References


Effendy, Nasrul. 2008. Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta. EGC.

Kementrian Kesehatan RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kemenkes RI.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.

Pohan.I.S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta:Penerbit EGC.

Wijono. 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga, Surabaya.

Wijono, Dj. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan: Teori, Strategi dan Aplikasi.Volume. 2. Cetakan Kedua. Surabaya. Airlangga Unniversity Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.

akun pro jepangkkn777https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://jurnal.ft.umi.ac.id/lib/totoslot/https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/china/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/scatterapi/http://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/lib/pkp/master/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://38.180.65.93/turbox500https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/kucinghack/https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/casino/https://rsp.unri.ac.id/course/kitabgacor/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/