Analisis Kinerja Rumah Sakit Berdasarkan Balanced Scorecard di Rumah Sakit

Ari Kusdiana, Nuryati Nuryati, Dadang Kusbiantoro, Liya Romayatul, Muryani Muryani

Abstract


RS merupakan rumah sakit yang berupaya menciptakan sumber daya yang terampil, profesional, akurat, sigap, ramah dan harmonis dalam memberikan setiap pelayanan kepada pasien. Rumah sakit memerlukan kinerja yang baik untuk mencapai tujuan tersebut, untuk mengetahui dan meningkatkan kinerja rumah sakit maka diperlukan suatu penilaian terhadap kinerja yang komprehensif dari aspek keuangan dan non keuangan.

Permasalahan dalam penelitian dirumuskan sebagai berikut : bagaimana kinerja RS periode 2019-2021 berdasarkan Balanced Scorecard. Penilaian dilakukan terhadap empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran (mixed methods), yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif, data yang dikumpulkan yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi laporan keuangan, laporan rekam medik, dan laporan kepegawaian. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak manajemen dan penyebaran kuesioner kepada pegawai negeri sipil rumah sakit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perspektif keuangan sudah ekonomis dan efisien pada tahun 2019 - 2021, sedangkan kinerja keuangan juga sudah efektif tahun 2019 - 2021. Kinerja rumah sakit dari perspektif pelanggan untuk persentase retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan sudah baik. Kinerja dari perspektif bisnis internal tahun 2019 - 2021 kurang baik dimana persentase nilai BOR, BTO, TOI, tidak sesuai dengan standar Departemen Kesehatan. Kinerja dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan persentase yang baik pada tahun 2019 - 2021.


Full Text:

FULL TEXT

References


Achadiono. D. 2002. Analaisis pengukuran Kinerja Unit Rawat Jalan Jakarta

Medical Center Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Tesis. Jakarta : FKMUI

Adisasmito, W. 2009. Sistem Manajemen Rumah Sakit. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anisak, L.Y 2020. Analisis Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang). Publikasi Ilmiah. Malang: Universitas Ekonomi dan Bisnis Brawijaya.

Aurora, Novella. 2010. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja. Tesis. Semarang: Fakultas Ekonomi universitas Diponegoro.

Cheristean, 2020. Analisis balance scorecard untuk mengukur kinerja pada Tanjung Pinang. Tesis. Tanjung Pinang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Depkes., 2005. Pengukuran Jasa Pelayanan Kesehatan Nasional. Direktorat Jenderal Pelayanan Medik, Direktorat Rumah Sakit Umum dan Pendidikan. Jakarta.

Febrianty, D.A. 2012. Analisis, penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Efisiensi Kinerja Manajemen Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Gaspersz, Vincent. 2005. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gumbus, Andra and Lussier, Robert N. 2006. “Entrepreneurs Use a Balanced Scorecard to Translate Strategy into Performance Measuresâ€.

Journal of Small Business Management (44)

Gunawan, A. 2000. Anggaran Perusahaan, Cetakan I. Yogyakarta; BPFE

Halim, A & Kusufi, M. 2012. Akuntansi Sektor Publik. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.

Kes, N. M., Saputra, M. G., & Nurdiana, F. (2020). PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X. Journal Of Health Care, 1(1).

Hartati, 2020. Pengukuran Kinerja Dr. Pirngadi Medan dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Tesis Program Studi IKM S2 FKM USU, Medan.

Hestiningsih. 2004. Analisis Kinerja Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard. Tesis. FKMUI, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Jl. Raya Plalangan-Plosowahyu Km. 3 Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Kode Pos 62218

 --------------------------------------------------------------------------------------

Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020.

akun pro jepangkkn777https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://jurnal.ft.umi.ac.id/lib/totoslot/https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/china/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/scatterapi/http://jurnal.politeknikyakpermas.ac.id/lib/pkp/master/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://38.180.65.93/turbox500https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/kucinghack/https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/casino/https://rsp.unri.ac.id/course/kitabgacor/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/