PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN PASIEN DI RS. ISLAM IBNU SINA KABUPATEN PIDIE KOTA SIGLI
Abstrak
Salah satu cara penting untuk melihat bahwa karyawan mempengaruhi kinerja organisasi adalah interaksinya dengan pelanggan. Adapun untuk mendapatkan dan mempertahankan kepuasan pelanggan adalah dengan mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan. Rasa kepuasan pegawai akan mempengaruhi kinerja yang akan diberikan oleh pegawai tersebut. Oleh sebab itu timbulnya motivasi kerja dalam diri para pegawai berbeda antara pegawai yang satu dengan yang lain, perbedaan itu tidak saja antara pegawai yang memiliki tugas atau jabatan yang berbeda, akan tetapi juga antara pegawai yang bekerja di bagian yang sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dan kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kabupaten Pidie Kota Sigli. Jenis penelitian survei dengan pendekatan korelasional, teknik pengambilan sampel secara Purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 50 responden karyawan dan 50 responden pasien. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel eksogen/ independen yaitu kepuasan kerja, variabel endogen/ dependen yaitu kepuasan pasien, serta variabel intervening yaitu kinerja karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,512. Kinerja karyawan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,468. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan positif secara langsung dan tidak langsung terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien jalur masing-masing sebesar 0,445 dan 0,240, sehingga besarnya pengaruh total adalah 0,685. Â
 Kata Kunci: Kepuasan kerja, Kinerja karyawan, Kepuasan pasien
Referensi
Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Ed.1; Cet.1. Yogyakarta: Deepublish.
Amelia, R., Rodhiyah. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.
Chairina, Raden R.L. (2019). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Kinerja Perawat Rumah Sakit). Penerbit Zifatama Jawara.
Evans, James R., Lindsay, William M. (2007). An Introduction to Six Sigma & Process Improvement. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Hadi, Irwan. (2017). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien; Ed.1, Cet.2. Yogyakarta: Deepublish.
Indrawati, Ayu D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar. Jurnal MATRIK: Vol.7, No.2. hal. 135-142.
Mailani, Rindi., Muhadi. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Manajemen di RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, Vol.2, No.2, hal. 89-99.
Nimalathasan, B. (2012). Job Satisfaction and Employee’s Work Performance: A Case Study of People’s Bank in Jaffna Penisula Sri Lanka.
Setyawan, Febri E.B., Supriyanto, S. (2019). Manajemen Rumah Sakit. Penerbit Zifatama Jawara.
Wididana, Kadek B.S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rumah Sakit Umum Shanti Graha Buleleng. JAGADITHA : Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol.3, No.1, hal. 78-93.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Journal of Health Care is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2020. Journal of Health Care